Beredar Prediksi 10 Besar KPU

Beredar Prediksi 10 Besar KPU

\"DENDIBENGKULU, BE - Meskipun Timsel belum menetapkan 10 besar dari 20 nama yang mengikuti tes wawancara dan klarifikasi yang dilaksanakan 13-14 April kemarin,  namun nama-nama yang akan masuk 10 besar sudah bisa diprediksikan dan sudah menjadi perbincangan hangat di sekretariat KPU Provinsi Bengkulu.

Prediksi tersebut berdasarkan irisan atau hubungan kekeluargaan dengan anggota Timsel, kepala daerah dan pihak yang memiliki pengaruh besar lainnya.  Adapun nama yang akan masuk 10 besar, yakni Ketua KPU Seluma Faisal Bustamam. Itu dikarenakan Bustamam merupakan bagian dari keluarga istri pejabat Bengkulu.

\"Meskipun Faisal Bustamam berstatus sebagai terdakwa dalam kasus korupsi pakaian dinas Seluma, tetapi  dia adalah calon kuat yang akan masuk 10 besar. Irisannya sangat jelas, bahwa istri Faisal Bustamam merupakan saudara sepupu istri pejabat itu,\" ungkap sumber BE di KPU.

Nama lainnya adalah Soemarno MPd (Ketua KPU Provinsi) dan Okti Fitriani MSi (anggota KPU Provinsi).  Kedua nama juga diprediksikan masuk 10 besar. Mengingat, Soemarno dan Okti merupakan orang yang berjasa dalam pengangkatan Timsel, bahkan KPU pusat memilih Khairil CS menjadi Timsel, disinyalir berkat rekomendasi yang disampaikan oleh Soemarno dan Okti.

\"Yang membawa Pak Khairil dan anggota Timsel lainnya pertama kali menghadap KPU RI adalah Pak Soemarno, selanjutnya diikuti oleh ibu Okti,\" bebernya.

Selain itu, nama Emilda Sulasmi,  Zainan, Fenty Wisnuwhardani juga diprediksi lolos 10 besar.  Sebab, Emilda sendiri memiliki hubungan kekeluargaan atau keponakan Ketua Timsel Dr Khairil MPd, sedangkan Zainan juga merupakan keponakan anggota Timsel Drs H Khairudin MA.  Demikian juga dengan Fenty Wisnuwhardani yang merupakan kakak ipar Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Pengamat politik Universitas Bengkulu, Drs Lamhir Syamsinaga MSi, mengungkapkan kemungkin saja beberapa nama tersebut lolos 10 besar karena masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Timsel, kepala daerah dan orang-orang yang memiliki pengaruh besar di Provinsi Bengkulu.

\"Saya tidak tahu persis siapa yang diprediksi akan lolos 10 besar, hanya saja kemungkinan orang-orang dekat Timsel juga memiliki peluang,\" ujarnya.

Ia malah menyarankan agar yang lolos 10 besar nantinya tidak ada wajah lama atau incumbent, melainkan semuanya wajah baru.  Menurutnya, yang lama itu sudah terlihat kinerja dan sepak terjangnya, sedangkan yang baru sama sekali belum terlihat.  Selain itu, juga bermaksud melakukan regenerasi anggota KPU provinsi.

\"Istilahnya itu EEB (Elu lagi - Elu lagi, bosan), dan sudah saatnya yang tua memberikan kesempatan kepada yang muda untuk berbakti kepada daerah ini,\" sampainya.

Terpisah, juru bicara Timsel, Drs H Khairudin MA tidak membantah dan tidak pula meng-iyakan masuknya prediksi tersebut ke-10 besar yang ditetapkan Timsel nantinya.  \"Saya belum tahu siapa saja yang bakal masuk 10 besar, karena pleno penetapannya sendiri baru akan dilaksanakan Rabu (17/4) besok,\" katanya. (400)   Prediksi 10 Besar Anggota KPU   1. Faisal Bustamam    Ketua KPU Seluma 2. Soermarno     Ketua KPU Provinsi 3. Okti Fitriani      Anggota KPU Provinsi 4. Emilda Sulasmi    Guru     5. Holman     Anggota KPU BS 6. Yusarizal     Anggota KPU Kaur 7. Zainan         Anggota KPU BS 8. Baihaqi         Akademisi 9. Fenty Wisnuwhardani     Akademisi 10. Nurul Fadilah         Akademisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: